Kucing Si Hewan Mamalia Karnivora Dan Karakteristiknya

kucing
Kucing – Kucing hewan mamalia karnivora dan karakteristiknya

Kucing adalah sejenis hewan mamalia karnivora yang masih berkerabat dengan kucing besar seperti harimau, singa, jaguar, macan tutul dan masih banyak jenis Kucing besar lainnya. Nama ilmiah dari kucing merujuk dari Wikipedia adalah Felis silvestris catus atau Felis catus

Kucing telah lama menjadi teman bagi manusia, dan kucing merupakan hewan peliharaan paling populer saat ini. bisa kita lihat hampir di semua rumah mempunyai peliharaan jenis kucing ( butuh rujukan kembali ), di Indonesia, yang mayoritas penduduknya adalah muslim, tentunya mereka lebih cenderung memelihara kucing ketimbang hewan lainnya contohnya adalah anjing. Hal ini di karenakan, kucing merupakan salah satu hewan kesayangan dari Nabi Muhammad SAW yang bernama Mueza.

Berbagai macam Jenis Kucing telah di pelihara oleh orang-orang di seluruh Dunia, seperti Kucing yang memiliki garis keturunan Resmi melalui jalur pembiakan resmi, seperti Kucing Persia, Anggora, Somali, Siam, Himalaya, Spink dan masih banyak lagi jenis Kucing lainnya.

Kucing Ras memiliki Populasi di seluruh Dunia kurang lebih hanya 1% saja, sisanya adalah kucing yang mempunyai keturunan campuran yang banyak di miliki oleh orang-orang. Seperti contohnya persilangan antara kucing Domestik dan Kucing Ras.

Kemampuan Alami Kucing

Kucing Merupakan salah satu pemangsa yang memiliki kemampuan yang sangat hebat, biasanya kucing menjadi pemburu yang sangat mematikan bagi mangsanya.

Kucing di Anggap sebagai salah satu Predator hebat yang mempunyai kesempurnaan dalam sistem tubuhnya, seperti taring yang terbentuk sempurna yang dan cakar yang sangat sesuai dengan bentuk tubuhnya dalam menerkam dan merobek tubuh korbannya. Meskipun hal ini juga terdapat pada jenis karnivora lainnya, akan tetapi sistem ini lebih berkembang baik pada jenis Kucing.

Kucing dikenal sebagai salah satu hewan penyendiri atau hewan yang jarang bersosialisasi, akan tetapi ada beberapa juga jenis kucing liar yang membentuk suatu kelompok di dalam kehidupan mereka. Tapi jika melihat kehidupan kucing peliharaan, mereka lebih banyak menjadi hewan yang penyendiri dan tidak melakukan kontak dengan kucing lainnya.

Kucing peliharaan di dalam rumah wajib di jaga kebersihannya seperti kotorannya harus di berikan kotak kotoran atau litterbox berisi pasir khusus yang bisa Anda dapatkan di Petshope yang memang menjual aneka kebutuhan Kucing peliharaan Anda , hal ini untuk menjaga kebersihan dari peliharaan Anda dan juga tempat tinggal Anda. Kucing termasuk hewan yang bersih. Mereka sering merawat diri dengan menjilati rambut atau bulu mereka sampai bersih.

Makanan dari Kucing peliharaan juga harus di perhatikan dengan baik. Perhatikan asupan makanannya dan tentunya jika Anda memelihara Kucing atau hewan apapun itu, Anda sudah siap dengan hal itu semua.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan sebagai pemelihara Kucing adalah, berikan ruang gerak yang luas bagi Kucing Anda. Hal ini dikarenakan Kucing membutuhkan ruang gerak untuk melatih kekuatan dan insting berburunya. Agar Kucing kesayangan Anda tidak merusak perabot di rumah seperti sofa atau kursi ada baiknya Anda membuatkan secara khusus tempat cakaran yang bisa di gunakan Kucing Anda untuk mencakar.

Penyakit Pada Kucing

Kucing Sakit

Beberapa penyakit sangat sering terjadi pada Kucing Peliharaan, hal ini di sebabkan oleh berbagai macam penyebab seperti contohnya adalah kondisi kandang yang kotor, lembab dan basah, bisa menyebakan Kucing terserang jamur dan kutu dan bahkan yang lebih parah bisa menyebakan Scabies yang berujung pada kematian Kucing.

Hal ini bisa dicegah dengan membersihkan kandang secara teratur Pagi dan Sore hari, membuang kotorannya pada litterboxnya dan menggantiinya dengan pasir yang baru, mengganti air minumnya secara rutin dan mencuci bersih tempat makanannya dan air minumnya sebelum menggantinya dengan makanan dan minuman yang baru

Penyakit umum yang sering menyerang Kucing adalah : Jamur, Kutu Telinga, Cacingan, Flu, Diare (Kotoranya cair), Sakit Mata, Muntah, Penyakit Saluran Kemih (Sering terjadi pada Kucing Jantan) serta virus yang bisa menyebabkan kucing Anda tidak bisa bertahan lama apabila tiak bisa di tangani dengan baik dan benar.

Penaganan dengan baik dan benar tentunya akan menyelamatakan Kucing Anda dari hal-hal yang tidak di inginkan seperti Kematian pada Kucing.

Ada beberapa penanganan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah tanpa harus di bawa ke Dokter Hewan atau Klinik Hewan, apalagi jika di Kota Anda tidak mempunyai atau sangat jarang Klinik hewan dan Dokter hewan. Contohnya yang bisa Anda obati sendiri di rumah seperti Kucing yang terserang jamur, kucing yang terkena cacingan, kucing yang terserang kutu, kucing yang terserang penyakit mata ringan.

Tapi ada memang penyakit yang harus di tangani oleh Dokter Hewan seperti penyakit saluran kemih yang banyak menyerang pada kucing jantan, karena apabila tidak segera di tangani bisa menyebabkan Kucing Anda mengalami Dehidrasi yang parah dan keracunan yang hebat karena tertahannya saluran Urine kucing dari air Seni yang tidak bisa keluar yang akibatnya berujung kepada kematian pada Kucing Anda.

Sifat Kucing

Kucing merupakan hewan peliharaan yang sangat manja, hal tersebut bisa kita rasakan dari kucing kita, seperti contohnya mendengkur saat kita belai, dengkuran dari Kucing bisa menandakan bahwa mereka dalam suasana hati yang nyaman tenang dan bahagia. Dengkuran kucing juga bisa di artikan sebagai rasa puas kucing kepada pemiliknya.

Hal lain yang biasanya di lakukan kucing untuk menunjukkan rasa sayang dan manjanya kepada Anda sebagai pemiliknya adalah dengan cara memijit Anda dengan menggunakan kaki depannya, hal ini biasanya mereka lakukan dengan kedua kaki yang dilakukan dengan cara bergantian antara kaki kanan dan kaki kiri. Jika kucing memijat Anda sebagai pemiliknya, hal tersebut telah menandakan bahwa mereka merasa aman dan nyaman. Selain itu, dia juga telah mengklaim orang yang dipijatnya sebagai pemiliknya.

Hal lain yang biasanya di lakukan Kucing kepada pemiliknya adalah dengan menjilati bagian tangan atau wajah dari pemiliknya, selain untuk membersihkan tubuhnya, kucing juga menunjukkan rasa sayang dan cinta kepada pemiliknya dengan cara menjilatinya. Ini merupakan salah satu ekspresi kucing kepada Anda sebagai pemiliknya.

Biasanya kucing juga akan mengikuti kemana pun Anda pergi jika Anda berada di dalam rumah, hal ini menunjukkan bahwa si Kucing tidak ingin terlalu jauh dengan Anda sebagai pemiliknya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *